Selamat Datang

Salam damai sejahtera dari kami untuk para pembaca sekalian. Blog ini mulai kami buat di awal tahun 2010 dengan tema Melangkah Bersama Tuhan. Nama Blog ini sesuai dengan harapan dan komitmen kami untuk menjalani tahun 2010 bersama dengan Tuhan yang menciptakan langit dan bumi, dan menciptakan manusia sebagai umat kemuliaan-Nya.

Kami akan menyajikan renungan-renungan yang kami buat sendiri berdasarkan pengalaman pribadi, pendengaran dari orang lain yang diolah, maupun dari bacaan-bacaan yang kami dapat.

Selamat membaca, dan semoga membawa berkat bagi Anda semua.

Salam dari kami,

Julianto Djajakartika

Sunday 3 January 2010

Raksasa

Coba gambarkan tiga buah lingkaran. Satu di kiri, satu di kanan dan satu lagi di atas. Isi lingkaran yang di atas dengan kata “Allah”, lingkaran yang di kiri dengan kata “Raksasa Kehidupan”, dan lingkaran yang di kanan dengan kata “Raksasa dalam Diri Sendiri”. Beri tanda panah dari lingkaran di kanan ke lingkarang di kiri dengan tulisan “Bangkit dan Lawan”, kemudian beri tanda panah dari lingkaran di atas ke arah lingkaran di kanan dengan kata “Kekuatan”, dan satu panah lagi menuju lingkaran di kiri dengan tulisan “Dalam Kendali”. Mudah-mudahan sesudah anda mengikuti petunjuk di atas, anda dapat mengerti apa yang saya maksud. Jikalau belum, baiklah saya uraikan di bawah ini.

Ketika bangsa Israel akan memasuki tanah Kanaan, Musa mengutus dua belas pengintai. Dari dua belas orang tersebut, sepuluh diantaranya mengatakan hal yang negatif. Kanaan dipenuhi dengan raksasa, dan bangsa Israel adalah belalang. Begitu mereka membandingkan diri mereka sendiri dengan penduduk Kanaan. Itulah gambaran lingkaran di sebelah kiri dengan tulisan “Raksasa Kehidupan”. Sering kita juga mengalami hal yang serupa. Ada banyak hal yang mengganggu ketenteraman hidup dan membuat kita kuatir. Apakah kontrak kerja masih akan diperpanjang? Apakah saya dapat lulus memasuki sekolah atau universitas itu? Apakah orang tua saya masing sanggup membiayai sekolah saya? Apakah disana saya akan mendapat banyak teman? Begitu banyak raksasa kehidupan yang mengganggu kita.

Berlawanan dengan “Raksasa Kehidupan” yang mengganggu kita, di dalam diri kita sendiri sebetulnya ada raksasa lain. Raksasa ini di kebanyakan orang tidur saja dan tidak dipergunakan untuk melawan “Raksasa Kehidupan” tadi. Raksasa dalam diri setiap orang adalah potensi diri, kemampuan, talenta dan banyak hal lain yang sudah diberikan oleh Allah sendiri sebagai bekal kehidupan kita. Kita harus mengenali raksasa ini dan membangunkannya agar dapat dipergunakan secara efekti. Sampai disini saya jadi teringat buku tulisan Anthony Robbins berjudul Awaikan the Giant Within. Tepat sekali yang diungkapkan oleh pak Anthon tersebut. Buku ini berisi teknik untuk membangunkan raksasa di dalam diri kita dan kita pakai untuk menguasai emosi, membangun hubungan yang lebih baik, mengatur keuangan dan secara keseluruhan adalah mengatur kehidupan kita sendiri. Itulah makna lingkaran di sebelah kanan dengan tulisan”Raksasa dalam Diri Sendiri”. Dan tanda panah yang mengarah ke lingkaran di sebelah kiri memiliki makna membangkitkan potensi diri untuk melawan raksasa dan masalah kehidupan manusia.

Ketika bangsa Israel sudah mulai goyah dan bersungut-sungut, maka Yosua dan Kaleb maju ke depan dan berkata, “Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya. Jika Tuhan berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. Hanya janganlah membertontak kepada Tuhan,….” (Bilangan 14:7-9a). Itulah makna lingkaran di atas berikut dua tanda panah yang mengarah ke bawah. Bahwa sebenarnya Allah akan memberikan kekuatan kepada kita untuk membangkitkan potensi dalam diri kita, dan bahwa Allah take control of setiap raksasa kehidupan yang menghalangi kita. Baik masalah kehidupan maupun diri kita semuanya ada dalam kendali dan pemeliharaan Allah sendiri. Oleh karena itu tidak perlu kita merasa takut, kuatir dan susah hati dalam menjalani hidup ini. Bangkitkan hal positif dalam diri kita, dalam lawan segala masalah kehidupan bersama dengan Allah. (03012010)

No comments:

Post a Comment