Selamat Datang

Salam damai sejahtera dari kami untuk para pembaca sekalian. Blog ini mulai kami buat di awal tahun 2010 dengan tema Melangkah Bersama Tuhan. Nama Blog ini sesuai dengan harapan dan komitmen kami untuk menjalani tahun 2010 bersama dengan Tuhan yang menciptakan langit dan bumi, dan menciptakan manusia sebagai umat kemuliaan-Nya.

Kami akan menyajikan renungan-renungan yang kami buat sendiri berdasarkan pengalaman pribadi, pendengaran dari orang lain yang diolah, maupun dari bacaan-bacaan yang kami dapat.

Selamat membaca, dan semoga membawa berkat bagi Anda semua.

Salam dari kami,

Julianto Djajakartika

Monday 12 January 2015

Pijakan

PIJAKAN. Sudah sejak lama saya tahu ada pepatah bahasa Inggris yang berbunyi “Experience is the best teacher.” Namun semenjak saya kuliah sebagai calon guru 30 tahun lalu saya tidak lagi menyukai pepatah tersebut karena sangat mendeskreditkan profesi guru. Akan tetapi saya percaya bahwa masih ada sebagian kebenaran di dalamnya. Sebuah pengalaman atau sejarah kehidupan memang dapat menjadi pelajaran berharga untuk kehidupan di masa mendatang. Saya jadi ingat, sewaktu masih duduk di Sekolah Dasar saya pernah mengikuti lomba berenang kecil-kecilan. Saat peluit dibunyikan, siapa yang menjejakkan kaki paling kuat ke dinding kolam akan meluncur lebih jauh dari teman-temannya. Biasanya dia juga yang akan menjadi pemenang. Seperti itu pulalah bayangan sejarah atau pengalaman masa lampau. Seberapa pun baik atau buruknya pengalaman itu, akan saya biarkan mengkristal, mengeras dalam benak dan saya pakai sebagai pijakan untuk meluncur ke masa depan. “Live for what tomorrow has to bring, not what yesterday has taken away.” Demikian sebuah tweet dari Kick Andy Show melengkapi pemahaman saya akan apa yang disebut sebagai pengalaman hidup.

No comments:

Post a Comment