Selamat Datang

Salam damai sejahtera dari kami untuk para pembaca sekalian. Blog ini mulai kami buat di awal tahun 2010 dengan tema Melangkah Bersama Tuhan. Nama Blog ini sesuai dengan harapan dan komitmen kami untuk menjalani tahun 2010 bersama dengan Tuhan yang menciptakan langit dan bumi, dan menciptakan manusia sebagai umat kemuliaan-Nya.

Kami akan menyajikan renungan-renungan yang kami buat sendiri berdasarkan pengalaman pribadi, pendengaran dari orang lain yang diolah, maupun dari bacaan-bacaan yang kami dapat.

Selamat membaca, dan semoga membawa berkat bagi Anda semua.

Salam dari kami,

Julianto Djajakartika

Wednesday 10 December 2014

HAM

HAM. Hari ini, 10 Desember 2014 adalah hari HAM. Salah satu hak asasi manusia adalah hak untuk hidup. Barangkali dengan mengingat hak tersebut, salah satu LSM kemudian mengkritik Presiden Jokowi karena menolak grasi 64 terpidana mati narkoba. Mendengar hal itu, saya lalu berpikir bahwa mungkin LSM tersebut lupa bahwa hak selalu berdampingan dengan kewajiban. Saat seseorang menuntut hak hidup, secara bersamaan sesungguhnya ia berkewajiban untuk memelihara kehidupannya dengan baik dan benar, termasuk kehidupan sesamanya. Lepas dari itu semua, ada kesejukan terbersit di dalam dada ketika mendengar ucapan Presiden Jokowi bahwa urusan pelanggaran HAM masa lalu ada baiknya didekati dari dua sisi: hukum harus ditegakkan namun rekonsiliasi juga harus diusahakan.

No comments:

Post a Comment