Selamat Datang

Salam damai sejahtera dari kami untuk para pembaca sekalian. Blog ini mulai kami buat di awal tahun 2010 dengan tema Melangkah Bersama Tuhan. Nama Blog ini sesuai dengan harapan dan komitmen kami untuk menjalani tahun 2010 bersama dengan Tuhan yang menciptakan langit dan bumi, dan menciptakan manusia sebagai umat kemuliaan-Nya.

Kami akan menyajikan renungan-renungan yang kami buat sendiri berdasarkan pengalaman pribadi, pendengaran dari orang lain yang diolah, maupun dari bacaan-bacaan yang kami dapat.

Selamat membaca, dan semoga membawa berkat bagi Anda semua.

Salam dari kami,

Julianto Djajakartika

Monday 12 July 2010

Yuk Belajar Berpikir

Salah satu perbedaan mendasar manusia dan binatang adalah kemampuan manusia untuk berpikir. Oleh karena kemampuannya itu, manusia dapat menciptakan teknologi untuk membantu (dan merusak) kehidupannya. Dengan kemampuannya itu pula manusia dalam kelompoknya dapat mengembangkan sebuah kebudayaan. Pikiran memang luar biasa, karena dia dapat menentukan kehidupan umat manusia. Sebuah puisi anonim yang sangat bagus menggambarkan kekuatan pikiran itu.

Be careful of your thoughts
for your thoughts become your word.
Be careful of your words
for your words become your actions.
Be careful of your actions
for your actions become your habits.
Be careful of your habits
for your habits become your character.
Be careful of your character
for your character becomes your destiny.

Betapa benarnya ucapan dalam puisi itu. Dari sebuah pikiran, dapat timbul perkataan. Dari sebuah perkataan dapat timbul perbuatan. Dari sebuah perbuatan dapat tercipta kebiasaan. Dari sebuah kebiasaan menjadi karakter seseorang. Karakter ini akhirnya menentukan kehidupan manusia itu sendiri. Dari rangkaian kata-kata ini dapat dibayangkan betapa pentingnya pikiran kita. Seolah hidup kita sangat tergantung oleh dinamika berpikir kita sendiri. Seorang kawan menyebutkan bahwa “sopir dari kehidupan manusia adalah buah pikir manusia sendiri.” Bahkan berbagai macam masalah personal/pribadi, masalah sosial, masalah dalam keluarga, masalah di kantor atau sekolah juga timbul oleh karena ketidakmampuan seseorang untuk mengelola pikiriannya. Betulkah demikian? Coba renungkan.

Karena pentingnya pikiran kita ini, Paulus dalam berbagai tulisannya juga mengingatkan agar seiring dengan pertobatan kita dan pengenalan akan Kristus Yesus, maka selayaknya kita juga mengubah cara berpikir kita agar bersesuaian dengan Kristus sendiri (Roma 12:2, Kolose 3:2). Disamping itu, Paulus juga mengingatkan agar kita SELALU mengisi pikiran kita dengan hal-hal yang positif. Apa itu? Semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu (Filipi 4:8).

Yuk belajar berpikir.

No comments:

Post a Comment